6281321356069

10 Tips Liburan Murah Meriah yang Nggak Bikin Sengsara

14 October 2019 05:39 | publikasi : Bonafide admin | Tips dan trik

Bersenang-senang nggak harus menguras kantong. Banyak mahasiswa atau backpacker melakukan liburan murah. Banyak siasat yang harus dilakukan untuk menghemat. Apa sajakah siasat tersebut? Simak artikel lengkapnya di bawah ya!

1. Atur daily budget

(sumber: unsplash.com)

Bikin anggaran untuk menentukan dana maksimal yang dikeluarkan saat berpergian. Hitung kebutuhan transportasi, hotel, makanan, tiket wisata, dan lainnya. Pastikan pengeluaran kamu nggak melebihi dari anggaran harian yang telah dibuat.

2. Pergi saat low season

(sumber: unsplash.com)

Jangan pergi saat liburan sekolah, liburan hari raya, atau long weekend. Ini akan membuat harga transportasi dan akomodasi melonjak. Pergilah di hari biasa untuk menekan biaya. Kalau kamu bekerja, sebaiknya ajukan cuti.

3. Cari teman perjalanan

(sumber: unsplash.com)

Teman perjalanan nggak hanya sekadar menjadi teman mengobrol. Kamu bisa membagi budget liburan dengannya. Misalnya, membagi harga kamar, membagi harga penyewaan transportasi seperti motor, mobil, hingga perahu. Selain itu, kamu bisa minta tolong untuk memotret.

4. Kurangi belanja

(sumber: unsplash.com)

Nggak perlu belanja hal-hal yang nggak dibutuhkan seperti baju, tas, atau pernak-pernik lainnya. Jika ingin beli souvenir, pilih souvenir yang bisa dibagikan ke banyak orang seperti makanan, cokelat, atau gantungan kunci. Beli souvenir di tempat selain tourist spot karena harganya akan lebih murah.

5. Cari destinasi yang murah

(sumber: unsplash.com)

Semakin timur Indonesia, biaya liburannya akan semakin mahal karena jarangnya pilihan transportasi di sana. Liburan ke Raja Ampat tentu akan jauh jika dibandingkan berlibur ke Bandung atau Yogyakarta.

Lakukan riset tentang tujuan wisata yang akan kamu tuju, termasuk saat akan liburan ke luar negeri. Jangan lupa konversi mata uangnya dengan Rupiah ya!

6. Gunakan jalan darat

(sumber: freepik.com)

Tiket bus atau kereta akan lebih murah dibandingkan dengan tiket pesawat. Meskipun terasa lama, perjalanan darat memberikan kesempatan untuk beristirahat.

Jika harus menggunakan pesawat, kamu bisa mencari informasi tentang tiket murah. Cek tiket secara berkala, karena beberapa maskapai sering memberikan promo di saat tertentu.

7. Menginap selain di hotel berbintang

(sumber: freepik.com)

Semakin tinggi rating sebuah hotel dan semakin lengkap fasilitasnya, maka harganya akan semakin tinggi. Kamu bisa memilih homestay atau tinggal di rumah warga yang menyewakan kamar. Tentunya, pilih kamar yang bersih, aman, dan layak untuk ditinggali. Liburan murah bukan berarti harus sengsara.

Selain itu, kamu bisa menginap di hotel murah untuk backpacker tipe dorm, atau satu kamar terdiri dari beberapa tempat tidur.

8. Lakukan perjalanan di malam hari

(sumber: unsplash.com)

Jika kamu harus berpindah dari satu kota ke kota lainnya, lakukan perjalanan di malam hari. Kamu bisa beristirahat di dalam mobil atau kereta. Ini akan lebih hemat karena bisa memotong uang penginapan.

9. Sewa sepeda motor

(sumber: unsplash.com)

Daripada pindah ke berbagai tempat wisata dengan angkutan umum yang memakan biaya dan memakan waktu, sebaiknya sewa sepeda motor. Biasanya harga sewa sepeda motor berkisar Rp50.000-Rp80.000 per harinya. Biaya ini bisa ditanggung berdua dengan teman perjalanan kamu.

Selain itu, kamu bisa mengeksplor tempat wisata lebih banyak jika menyewa motor. Pastikan memiliki SIM ya!

10. Menggunakan paket liburan murah

Pusing merencanakan perjalanan dan melakukan perhitungan budget? Serahkan liburan kamu ke agen tour and travel. Pilih agen travel Bandung seperti Bonafide Tour & Travel yang menawarkan berbagai paket wisata Bandung murah. Pastinya liburan kamu jadi teratur dan tetap berkesan.

Sudahkah kamu mencoba beberapa cara liburan murah di atas? Meski sudah mengatur dana liburan, sebaiknya miliki dana cadangan untuk situasi darurat. Selamat mencoba!