6281321356069

6 Wisata Kuliner di Bandung yang Diburu Wisatawan

17 August 2019 07:57 | publikasi : Bonafide admin | Wisata

Wisata kuliner di Bandung adalah agenda yang wajib dilakukan saat kamu berkunjung ke kota yang memiliki sebutan Parisj Van Java ini. Tidak hanya alamnya yang indah, Bandung terkenal dengan makanannya yang enak-enak. Apalagi harganya sangat terjangkau.

Saat berlibur di Bandung, sebaiknya tunda dulu untuk mengkonsumsi makanan Barat. Tengoklah makanan-makanan khas Bandung seperti batagor, kupat tahu, atau lotek yang sudah melegenda di kota ini. Yuk, kosongkan perut!

1. Sop Buntut Dahapati

(sumber: infomakan.com)

(sumber: infomakan.com)

Suka sop buntut? Kamu harus ke Dapur Dahapati yang terletak di Jalan Cipaganti atau Jalan Anggrek, Bandung. Bisa dibilang ini adalah sop buntut terenak seantero Bandung. Kamu bisa memesan sop buntut biasa dan sop buntut goreng. Keduanya memiliki daging yang lembut dan bumbu yang meresap.  Selain itu, kaldu daging pada kuahnya sangat pas dan gurih. Bikin perut senang! Harga sop buntutnya sekitar Rp89.000. Eits, memang sepintas terdengar mahal. Tetapi porsinya sangat banyak, sehingga bisa dimakan untuk dua orang. Selain itu, dagingnya yang tebal bikin mulut puas.

2. Kupat Tahu Galunggung

Kalau kamu suka kupat tahu dengan saus kacang, kamu pasti akan suka Kupat Tahu Galunggung. Kupat tahu yang telah berdiri sejak tahun 1970 ini terletak di Jalan Cihapit. Satu porsi kupat tahunya sangat terjangkau yaitu Rp12.000. Kupat Tahu Galunggung memilih kuah kacang yang kental. Rasa gurihnya juga pas. Selain itu, kupat dan tahunya dipotong besar-besar sehingga akan bikin perut kenyang.

3. Roti Gempol

(sumber: Nabila As’ad/bhellabhello.wordpress.com)

Roti Gempol merupakan toko roti yang sudah berdiri dari tahun 1950-an. Toko roti ini terletak di Jalan Gempol Wetan. Di sini dijual roti tawar dan roti bakar. Isinya macam-macam, ada keju, cokelat, atau daging asap. Roti Gempol terkenal dengan tekstur rotinya yang empuk. Selain itu, walau dimakan tanpa topping, roti ini terasa gurih. Makanya, tidak heran warga Bandung banyak memburu roti ini.

4. Cuanki Serayu

(sumber: instagram.com/eddydye/)

Hampir setiap hari, terutama saat jam makan siang, cuanki yang terletak di Jalan Serayu akan terlihat mengantre. Tidak hanya digemari oleh warga Bandung, cuanki yang dirintis sejak tahun 90-an ini juga digemari oleh wisatawan dari luar kota. Satu porsi cuanki memiliki batagor kering, pangsit kering, siomay, tahu, dan dua buah bakso. Semuanya memiliki ukuran yang besar, sehingga satu porsi cuanki akan bikin perut kenyang. Sambal cuankinya juga pedas. Juara!

5. Lotek Tjihapit

(sumber: Yuni Astutik/travelingyuk.com)

Lotek adalah makanan khas Sunda. Oleh karena itu, agendakan untuk makan lotek ke dalam wisata kuliner di Bandung. Untuk makan lotek yang enak, kamu bisa berkunjung ke Lotek Tjihapit yang sudah eksis dari tahun 1970. Lotek merupakan makanan yang terdiri dari rebusan sayur seperti labu, kangkung, dan tauge. Biasanya lotek ditambah dengan tahu dan lontong nasi. Rebusan sayur itu akan dicampur dengan saus kacang.

6. Batagor Riri

(sumber: Fari Febrian/goodindonesianfood.com)

Batagor atau “bakso-tahu-goreng” adalah makanan merakyat khas Bandung. Kamu bisa makan batagor terbaik di Batagor Riri yang telah berdiri dari tahun 1985. Di sini tersedia menu batagor kuah atau batagor goreng. Batagor Riri sangat terasa ikan tenggirinya dan rasa saus kacangnya juga sangat pas. Tambahkan jeruk nipis pada saus tersebut agar semakin nikmat. Meski tepung sagunya tebal, batagornya terasa empuk.

Mau wisata kuliner di Bandung sambil menikmati suasana kota? Pakai paket wisata Bandung murah dari Bonafide Tour & Travel. Yuk, segera pesan paket kamu ke travel yang berpengalaman dan terpercaya!